PENENGAHAN (RO) - Ketua Kartini Perindo Lampung Selatan (Lamsel) Hj. Dariati Aribun Sayunis kembali berkeliling desa, melakukan pembinaan keterampilan UMKM kepada kaum ibu-ibu di kabupaten yang berjuluk Khagom Mufakat ini.

Hari ini Kartini bersama Ketua DPD Perindo Lamsel, H Aribun Sayunis kembali mengunjungi Kecamatan Penengahan, untuk melakukan giat pelatihan pembinaan UMKM pada kaum hawa ke 22 desa yang ada di kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan yang pusatkan di desa Klaten, Kamis, (16/7/2020).

Ketua Kartini Perindo Lamsel, Hj. Dariati Aribun mengatakan, dalam pelatihan pengembangan UMKM ini bakal ditargetkan kesemua ibu-ibu yang ada di Lamsel. Sehingga, semua kalangan kartini dapat memiliki ketrampilan untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan melalui UMKM ini.

"Setiap kali pelatihan, sengaja kita ambil perkecamatan dengan melibatkan 3-4 ibu-ibu perdesanya. Tapi, bukan hanya sampai disini saja, nantinya akan kita lakukan terus lakukan hingga merata. Agar semua ibu-ibu dapat mendapatkan pelatihan ini," Ujarnya.

Terlebih, dalam pelatihan produksi sabun itu, bahan baku yang dibutuhkan di suplay dari Kartini, sebagai modal awal untuk operasional UMKM di desa. Bahkan, ia mengatakan selama masa pandemi hal tersebut tidak akan terhenti.

"Bahan baku dari kita (Kartini, red), selama masa pandemi akan kita terus suplay, sehingga semua ibu-ibu mendapatkan pelatihannya. Bahkan, setelah pelatihan selesai, hasil dari produksi sabun itu dibawa pulang oleh peserta. Masing-masing 5 sampai 10 botol perorang serta di bagikan ke masyarakat setempat," Tambahnya.

Selain itu, Kartini perindo lamsel juga melakukan pembinaan kepada kaum hawa tersebut terkait pemasaran hasil produksi UMKM. Sehingga diharapkan, dari pelatihan dan pembinaan ini dapat selalu dirasakan manfaatnya untuk masyarakat Lamsel.

"Hal ini juga dalam rangka menuju Lampung Selatan sehat, cerdas dan sejahtera. Semoga, pelatihan ini dapat diterima dan dirasakan manfaatnya untuk para ibu rumah tangga di Lamsel," Harapnya.

Seperti diketahui, pelatihan UMKM ini dilakukan secara terus-menerus oleh Kartini Perindo Lamsel. Sejak dua bulan lalu, Kartini bergerilya memberikan pembinaan pada ibu-ibu di desa yang ada di kecamatan Lampung Selatan. (Red)