RO, Banyuwangi - Diduga keracunan ikan buntal, tiga warga Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, tewas. Ketiga orang yang merupakan satu keluarga itu tewas setelah makan ikan hasil pancingan tersebut.

Ketiga korban keracunan tersebut adalah Muhlis Hartono (65), Dewi Ambarwati (50), dan Siti Habsah (80). Muhlis dan Dewi adalah pasutri, sementara Siti adalah ibu Dewi.

"Memang benar. Tiga orang meninggal diduga karena keracunan," ujar Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin , Selasa (10/3/2020).

Ikan tersebut, kata Arman, merupakan hasil pancingan Muhlis Hartono, yang kemudian dimasak oleh keduanya untuk lauk selama dua hari. Ikan itu dimasak bumbu santan dan digoreng.

"Muhlis memancing pada 9 Maret lalu. Setelah ikan dimasak, ketiganya makan. Saat makan di hari pertama itu, perut mereka mulas. Namun mereka pada hari kedua tetap memakan ikan itu lagi. Mereka merasa pusing dan muntah," tambahnya.

Karena sakit yang terus-menerus, ketiganya kemudian langsung dibawa ke puskesmas terdekat.


Namun, belum sempat tertolong, ketiganya sudah menghembuskan nafas terakhirnya. Kepolisian setempat pun langsung melakukan olah TKP. Dari TKP telah ditemukan sisa makanan untuk kemudian dilakukan uji laboratorium.

"Korban sudah tidak tertolong. Berdasarkan hasil visum, ketiganya dinyatakan meninggal karena keracunan makanan," kata Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin.

Diketahui, dalam satu rumah di Dusun Krajan II, Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi tersebut terdiri dari 4 anggota keluarga. Akibat memakan olahan ikan buntal, tiga orang meninggal dunia dan hanya tertinggal satu anak yang masih balita.

"Saat ini kami lakukan penyelidikan. Sampel makanan kami akan uji laboratorium untuk mengetahui apakah kematian ketiganya karena ikan buntal ini," pungkasnya.  (*)