Foto: Ist


SIDOMULYO (RO) - Pasien terkonfirmasi positif covid-19 nomor 75 Lampung Selatan, meninggal dunia, pada Kamis (01/10/2020).

Pasien berinisial A (34) Warga Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, yang merupakan kasus baru, pada Selasa (29//09/2020) lalu itu, dikabarkan meninggal dunia, sekitar pukul 14.22 WIB.

Setibanya dipemakaman umum di Desa Sidodadi, jenazah yang diangkut menggunakan ambulan RSUD Bob Bazar Kalianda itu, langsung dimakamkan dengan mengikuti protokol covid-19 sekitar pukul 19.00 WIB.

Saat dikonfirmasi, Camat Sidomulyo, Rendy Eko Supriyanto, membenarkan bahwa ada salah satu warganya yang meninggal dunia akibat covid-19.

"Saya meminta agar masyarakat jangan panik dengan ditemukannya warga yang meninggal dunia terkena covid-19, yang merupakan warga sidomulyo,"ujarnya.

Tak lupa, dirinya nengimbau agar masyarakat mengikuti arahan protokol kesehatan kesehatan.

"Terkait jenazah pasien tersebut dari pemulangannya hingga pemakamannya dilakukan oleh pihak Rumah Sakit Bob Bazar Kalianda dengan protokol kesehatan," jelasnya.

Kepala Desa Sidodadi, Sigig Edi Lukman menyampaikan, pihaknya akan selalu mensosialisasikan terus tentang bahayanya wabah covid-19 dan selalu meningkatkan kewaspadaan.

"Kami akan lakukan kordinasi bersama seluruh aparatur desa, langkah langkah apa yang akan kita lakukan terkait hal ini, sementara jenazah yang terkena covid-19 akan di makamkan di TPU Sidodadi tentunya dengan mengikuti arahan protokol kesehatan," Tukasnya.

Sementara itu, Kapolsek Sidomulyo, Iptu Hengky Darmawan, mengimbau kepada masyarakat agar patuhi dan mengikuti arahan protokol kesehatan dengan melakukan 3 M.

"Hal ini di lakukan dengan masih di temukan nya penyebaran covid-19 di sidomulyo. Masyarakat lebih banyak menghindari kerumunan, apabila masih didapati akan dilakukan teguran keras dan sangsi tegas," tegasnya. 

Diketahui, pasien nomor 75, laki-laki, tn. A usia 34 tahun dari kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, merupakan kasus baru covid-19.

Dirinya dinytakan terkonfirmasi positif covid-19, pada tanggal 29 September 2020 dari hasil pemeriksaan swab 1 dan sedang menjalani isolasi mandiri di RS Pemerintah. (HER/Red)