PENENGAHAN (RO) - Pandu Kusuma Dewangsa, sambangi Lamban Balak Keratuan Darah Putih, di Desa Kuripan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, Jumat (27/11/2020).


Pada kesempatan tersebut, PKD sapaan akrabnya, datang didampingi oleh sang istri yaitu Nuri Maulida, untuk menghadap Dalom Kusuma Ratu, Erwin Syahrial, S. Sos, dalam rangka Mulang Tiyuh (Pulang ke rumah).


Kedatangan PKD itu disambut oleh Budiman Yakub yang bergelar Raden Kusuma Yudha dengan diiringi Tarian Khudat Keratuan dan Tari Sembah dan diberi pakaian Kikat dan sarung tumpal oleh Dalom Kusuma Ratu, Erwin Syahrial, S. Sos.



Dalam sambutannya Raden Kusuma Yudha, Budiman Yakub mengatakan, kedatangan PKD ke lamban balak ini dalam rangka mulang tiyuh agar memperjelas bahwa PKD ini memang berasal dari Desa Kuripan.


"Jadi saya sampaikan, bahwa menurut tatanan adat silsilah yang ada dikita, supaya terang dan jelas kepada kita semuanya. Saya sampaikan ini bukan karena kampanye, bahwa perlu diketahui Pandu Kusuma Dewangsa ini emang masih keturunan dari Penyimbang keratuan darah putih, yakni dari Pengeran Kusuma Dewangsa," jelas Raden Kusuma Yudha.


Sementara itu, PKD mengucapkan rasa terimakasihnya kepada keluarga besar penyimbang keratuan darah putih yang telah memberikan sambutan hangat bagi dirinya.



"Alhamdulillah pada hari ini kita bisa bertatap wajah kepada semua saudara-saudaraku yang ada disini semua, kita ingin Lampung Selatan ini menjadi kabupaten yang sejahtera dan lebih maju lagi," tutur PKD yang juga Calon Wakil Bupati Lamsel nomor urut 1.

 

Seusai acara, Pandu Kusuma Dewangsa beserta rombongan melaksanakan ziarah ke Makam Buyut Muhammad Aji Saka Ratu Darah Putih bin Syarif Hidayatullah. (Red)