SIDOMULYO (RO) - Untung (50) warga Dusun Besuki, Desa Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, ditemukan meninggal di area pesawahan milik Ladre (55), Senin (30/11/2020) sekitar pukul 17.30 WIB.


Berdasarkan informasi, sebelum ditemukan meninggal dunia, korban pergi menuju area pesawahan tersebut untuk memcari rumput. Namun, dirinya diduga malah tersetrum jebakan tikus yang dialiri listrik disekitar area persawahan yang sedang ditanami semangka. 


Saat itu, korban pertama kali ditemukan oleh keponakannya Setiono (25) yang hendak mencari air. Menurutnya, saat tiba dilokasi dirinya melihat korban tergeletak sudah tak bernyawa disekitar jebakan tikus tersebut.


"Saat itu saya mau cari air, tiba-tiba saya melihat Pakde saya sudah dalam keadaan tak bernyawa di dekat aliran listrik milik pak Ladre sekitar 17.30 Wib. Pada saat menemukan korban, posisi lampu dalam keadaan hidup, karena panik saya langsung pulang dan memberi tahukan pada keluarga di rumah,"kata Setiono. 


Hal senadapun disampaikan Saelan (60), salah satu rekan korban yang mengaku bertemu dengan korban sekitar pukul 15.00 WIB sebelum flyover dekat lokasi kejadian.


"Saat itu saya bertanya, "Pulang to mas," kata Saelan mengikuti bahasa Untung. 


Menurut Saelan, diarea tersebut memang banyak memakai jebakan listrik untuk mengusir hama tikus, dikaarenakan banyak hamanya mungkin kalau tidak di pasang tanamannya tidak aman. 


"Biasanya sih dihidupkan ketika mau magrib dan itu juga ditunggu agar tidak mengkawatirkan warga lain dan nanti di matikan sekitar pukul 06.00 Wib pagi."ungkapnya. 


Sementara Kapolsek Sidomulyo, Iptu Hengky Darmawan menjelaskan, penemuan mayat tersebut bisa mengandung unsur pidana, namun pihaknya perlu keterangan, bukti dan juga hasil visum terlebih dahulu.


"Kami ingin mengetahui apa asbab korban ini tewas kenapa, setelah di lakukan nya visum nanti, baru nanti kita dapat mengetahui asbab nya dan kalaupun kita melakukan proses hukum juga ada dasar nya dari hasil Visum tersebut. Kita lakukan proses, artinya kalau kita akan melakukan proses hukum biar mudah. Kalau tidak ada surat hasil Visum tidak akan bisa dasar hukum nya,"tambahnya. 


Sementara itu Kepala Desa Sidowaluyo, Haroni mengatakan, bahwa benar korban adalah salah satu warganya yang meninggal di area persawahan, di duga tersengat aliran listrik jebakan hama tikus.


"Guna kepentingan data, jenazah di larikan ke Rumah Sakit RSUD Bob Bazar Kalianda guna di lakukan Visum,” kata Haroni saat dilokasi kejadian. (Hr/Red)