Tangkapan layar Facebook dan Instagram Dinas Pariwisata Lamsel


RETORIKAONLINE (KALIANDA) - Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, menyebut Dinas Pariwisata kurang kreatif dalam mempromosikan Pariwisata Lamsel, seperti Kebun Edukasi Rumah Dinas Bupati.


Padahal, Bupati saat ini sangat gencar memperkenalkan kebun edukasi yang berada tepat dibelakang Rumah Dinas Bupati Lamsel itu, kepada pejabat pemerintah Provinsi Lampung dan beberapa investor dari luar daerah.

Bahkan Nanang sempat mengajak Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin dan Wakil Rektor Unila, Asep Sukoha, untuk berkeliling dan melihat keindahan Kebun Edukasi yang sebelumnya merupakan lahan tidur tersebut.

Namun, upaya yang dilakukan Nanang itu berbanding terbalik dengan apa yang dilakukan Dinas Pariwisata Lampung Selatan yang sama sekali tidak pernah mempromosikan Kebun Edukasi itu di Media Sosial.

Sebab berdasarkan pantauan, akun Instagram yang dikelola Dinas Pariwisata Lampung Selatan seperti @dinaspariwisata.lampungselatan dan @kalianda.ig tak pernah memposting kegiatan tentang Kebun Edukasi Rumdin secara signifikan.

Tak hanya itu, akun Instagram Kepala Dinas Pariwisata Lamsel, Rini Ariasih @riniariasih hanya satu kali memposting Kebun Edukasi, sedangkan Facebook Dinas Pariwisata Lamsel, nihil posting kegiatan yang ada ditaman edukasi.

Terakhir kali akun @dinaspariwisata.lampungselatan dan @riniariasih memposting kegiatan di Kebun Edukasi pada 15 Desember 2020 lalu, itupun kegiatan seremoni panen semangka yang kala itu Kebun Edukasi masih dipenuhi semak belukar.

Tangkapan layar Instagram @dinaspariwisata.lampungselatan dan @riniariasih

Lain dulu lain pula saat ini, kebun tersebut disulap menjadi salah satu icon bertemakan Kebun Edukasi yang didalamnya terdapat beraneka ragam, mulai dari perkebunan, perikanan, taman bunga, taman bermain dan sebagainya, yang sangat cocok untuk edukasi para anak-anak.

Baca juga: Nanang Ermanto: Dinas Pariwisata Lamsel Kurang Kreatif

Tentu perubahan yang cukup besar tersebut butuh promosi yang signifikan, agar bisa menjadi percontohan dan diketahui oleh masyarakat luas. Sebab, kebun edukasi itu memang didedikasikan bagi masyarakat Lampung Selatan.

Sebelumnya, Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, sempat menyoal kinerja Dinas Pariwisata yang dinilai kurang maksimal dalam memperomosikan pariwisata yang ada di lampung selatan.

Hal itu diungkapkan Nanang saat bersilaturahmi dengan pejabat Eselon IV Lingungan Pemerintah Daerah setempat di Aula Sebuku Rumdin Bupati Lamsel, Rabu (10/03/2021).

Menurut Nanang, saat ini jajaran Dinas Pariwisata kurang kreatif dalam memperkenalkan objek wisata yang ada di Lampung Selatan, terlebih saat ini Pemkab Lamsel telah memiliki kebun edukasi.

"Bagaimana kebun edukasi ini untuk meningkatkan pariwisata, tapi sayangnya Dinas Pariwisata tidak pernah mengekspose, harusnya bermain di Medsos, karena di Rumah Dinas telah ada kebun edukasi," pungkas Nanang (Red)