RETORIKAONLINE (LAMPUNG UTARA) Para wakil rakyat Lampung Utara mengikuti vaksinasi Covid-19 di gedung legislatif, Jumat (19/3/2021).‎ 

Ketua DPRD Lampung Utara, Romli menjadi pertama yang menerima vaksin di antara kalangan legislatif.

“‎Alhamdulillah, proses vaksinasi sudah dilakukan dan berlangsung tanpa kendala,” jelas Romli usai vaksinasi.

Menurut Romli, vaksinasi ini bukan hanya diikuti olehnya melainkan diikuti oleh seluruh anggota DPRD Lampung Utara lainnya. Sama sekali belum ada efek samping yang dirasakan usai disuntik vaksin.

“Sampai saat ini belum ada efek yang dirasakan. Jadi, vaksin ini memang benar – benar aman,” kata dia.


Pengalaman sama juga disampaikan oleh Ketua Fraksi PKS DPRD Lampung ‎Utara, M. Nuzul Setiawan. Menurutnya, saat proses vaksinasi berlangsung hingga selesai, sama sekali tak ada rasa atau efek apapun. “Enggak rasanya,” ‎selorohnya.

Di tempat sama, Pelaksana Tugas Kepala Puskesmas Kotabumi ‎II, Wahyu Utami mengatakan bahwa vaksinasi yang dilakukan ini merupakan vaksinasi dosis pertama. Sementara untuk dosis kedua akan dilakukan pada dua pekan mendatang.

“Efek sampingnya enggak ada. Tapi, sebelum divaksin, penerima vaksin jangan sampai kosong perutnya,” terang dia.

Pantauan di lokasi, sebelum proses vaksinasi dilakukan, para calon penerima vaksin terlebih dulu mendaftarkan diri. Selanjutnya, mereka akan diperiksa kondisi kesehatannya.

Jika kondisi kesehatan mendukung maka para calon penerima akan langsung disuntik vaksin Coronavac. Setelah itu, para penerima vaksin diminta untuk beristirahat selama tiga puluh menit. Tujuannya supaya dapat diketahui jika didapati ada hal yang tidak memungkinkan. (Ang)