CANDIPURO – Lewat budaya gotong royong yang diterapkan oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto bersama Pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Lampung Selatan, rumah warga yang roboh akibat hujan deras di Kecamatan Candipuro mendapatkan bantuan.


Hujan deras yang mengguyur pada Sabtu tanggal 16/07/2022 lalu ini turun sekitar pukul 15.12 sore yang saat ini renovasi rumah masih dilakukan bersama dengan pemerintah desa dan warga desa setempat dengan bergotong-royong.Diketahui saat bencana terjadi, dirinya beserta keluarga sedang tidak berada dirumah hingga tidak terdapat korban jiwa.


Bantuan dalam bentuk dana sebesar 15 juta rupiah, sembako serta martras dan alat masak tersebut, diserahkan langsung oleh Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto kepada Suyanto warga desa Beringin Kecana.


Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Bupati Lampung Selatan yang mengatakan, bahwa bantuan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah Kabupaten Lampung Selatan dalam bentuk gotong-royong pejabat setempat untuk meringankan beban masyarakat Lampung Selatan yang sedang tertimpah musibah.


“Nah ini kita ada bantuan untuk melanjutkan renovasi rumah supaya dapat menjadi rumah yang layak huni dan nyaman nantinya untuk ditinggali. Dana ini saya serahkan kepada pak camat sebagai koordinator wilayah yang jika nanti masih ada kekurangan pak camat lah yang akan memberikan solusinya,” ungkapnya.


Dalam kunjungan tersebut H. Nanang Ermanto juga mengingatkan Kepala Desa yang harus aktif dalam mengayomi warganya yang sedang membutuhkan pertolongan, tidak hanya kepada warga yang tertimpah bencana saja namun juga warga lain yang membutuhkan pelayanan masyarakat.


“Ini memang merupakan tanggungjawab pak kades bilamana kita melihat warga kita yang perlu kita bantu seperti warga yang belum memiliki BPJS dan pelayanan masyarakat lainn,” ucapnya.



Nanang Ermanto juga menjelaskan, Kepala Desa harus berperan dalam menyukseskan pemberian vaksin dosis 3 kepada warga setempat dalam rangka memutus mata rantai penularan covid-19 yang saat ini masih ada disekitar kita.


“Untuk itu saya menghimbau kepada bapak /ibu warga desa untuk segera melakukan booster vaksin dosis 3, karena dengan melakukan vaksinasi tersebut kita sudah membantu dalam rangka memutus mata rantai penularan covid-19 yang saat ini masih ada disekitar kita.


“Untuk itu saya menghimbau kepada bapak /ibu warga desa untuk segera melakukan booster vaksin dosis 3, karena dengan melakukan vaksinasi tersebut kita sudah membantu dalam meningkatkan kembali pertumbuhan ekonomi yang sempat menurun pasca merebaknya kasus covid-19 di negara kita,” pintanya.


Dirinya juga berpesan kepada aparatur desa setempat untuk tetap menjaga silahturahmi, kerjasama serta gotong-royong dalam menjaga lingkungan sekitar.


“Nanti dibersihkan lingkungannya supaya tidak ada warga yang terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan penyakit lainnya, ” imbuhnya.


Suryanto warga yang mendapatkan bantuan pun mengucapkan terimakasih banyak atas perhatian yang sudah diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan yang telah merespon cepat bencana yang telah dihadapinya.


“Kami sekeluarga mengucapkan terimakasih banyak kepada bapak Bupati dan jajarannya, bantuan yang berikan ini sangat bermanfaat bagi kami yang tertimpah musibah,” ucap Suryanto.


Ucapan yang sama juga disampaikan oleh Camat Candipuro Achmad Solatan Nurohman dan berharap bantuan yang berikan tersebut dapat digunakan sebaik mungkin demi kelancaran renovasi rumah ini.


“Kami Pemerintah Kecamatan Candipuro dan warga Desa Beringin Kencana berdoa supaya bapak Bupati berserta jajaran senantiasa diberi kesehatan dan kekuatan untuk melanjutkan pembangunan di Lampung Selatan,” pungkasnya. (lmhr)