LAMPUNG BARAT--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat (Lambar) membahas gelaran Festival Sekala Bekhak ke Delapan, yang sempat tertunda dua tahun akibat pandemi Covid-19, di Aula Kagungan Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab), Senin (04/7/2022).


Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lambar, Nukman mengatakan, Festival Sekala Bekhak sempat tertunda selama dua tahun dikarenakan covid-19, dan pada tahun 2022 festival tersebut, akan kembali digelar.


"Rencananya akan berlangsung selama tiga hari tiga malam, di mulai dari tanggal 10 sampai dengan tanggal 13 juli 2022, dan akan berlangsung di Lapangan Merdeka Pasar Liwa," ungkap Nukman.


Ia menjelaskan kegiatan Festival Sekala Bekhak di titik beratkan kepada kegiatan Budaya yang ada di Kabupaten beguai jejama sai betik ini. 


Festival Sekala Bekhak kali ini dimeriahkan beberapa rangkaian acara, diantaranya lomba orkes gambus dan lomba nyambai. 


"Untuk perlombaan orkes gambus diikuti oleh 63 group. Sedangkan perlombaan nyambai diikuti oleh 67 group yang ada di Lambar," jelasnya.


Menurut Nukman, tujuan diselenggarakannya Festival Sekala Bekhak adalah untuk menarik minat Wisatawan Mancanegara dan Nusantara mengunjungi Lambar dengan daya tarik wisata dan budaya.


"Serta menciptakan image yang positif terhadap Kepariwisataan Lambar sebagai spirit sumber penciptaan kreativitas seni kekinian yang multidimensional agar menjadi warisan pusaka untuk generasi mendatang," tandasnya.


Acara tersebut dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sugeng Raharjo, Ronggur, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra, dan Kepala Perangkat Daerah. (RNL)