LAMPUNG BARAT--Kujungan Mulang Tiyuh (Pulang Kampung) Komjen Pol Tomsi Tohir Balaw M ,SI. yang merupakan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) beserta rombongan ke Lamban (Rumah) Gedung Dalom kepaksian pernong.

Kunjunga tersebut bertepatan di pekon Balak kecamatan Batu Brak kabupaten Lampung Barat (Lambar). Minggu (2/10/2022)

Dalam kunjungannya insoektur  Jendral tersebut disambut dengan arak arakan dengan aban gemisik ciri has kepaksian pernong sekala berak Lampung sampai dengan Lamban gedung dalom kepaksian pernong.

Dalam acara ini dilaksanakan juga Prosesi pemberian gelar - gelar dan Penyerahan lencana kerajaan dan penyerahan piagam adat PYM SPDB Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Sekala Brak yang di pertuan ke-23.

Dalam sambutannya PYM SPDB Pangeran Drs. Edwarsyah Pernong, S.H, M.H, Sultan Skala Brak yang di pertuan ke-23 menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Komjen Pol Tomsi Tohir Balaw M. SI, beserta rombongan yang sudah berkenan berkunjung di kerajaan Kepaksian Pernong Sekala Brak

" Kerajaan-kerajaan ini lah yang mempunyai nilai-nilai adat semua itu berpayung dan berteduh pada Negara Kesatuan Republik Indonesia ". Ucapnya

Lanjutnya, Melalui Kerajaan-kerajaan dan adat istiadat sebagai pondasi dasar untuk memperbesar dan memperkokoh kesatuan NKRI.

Adapun dalam kesempatan yang sama Komjen Pol Drs. Tomsi Tohir Balaw M. SI,  menyampaikan, Ucapan terimakasih, sudah menyambut kedatangan kami dan rombongan dengan penuh kegembiraan kebersamaan dan kekeluargaan

" Bahasa, adat istiadat, seni dan budaya kita, saya yakin tidak akan hilang, saya mengajak kita semua untuk mengakui dan menghargai adanya budaya di nusantara ". Ungkapnya

Masih kata Komjen Pol Drs. Tomsi Tohir Balaw M. SI, Sekala Brak sangat penting untuk Lampung Barat,  kerajaan nusantara berperan penting dalam estimasi suatu daerah.

" semoga acara ini dapat mempererat persatuan dan kesatuan Negara Indonesia, sekali lagi saya ucapkan banyak terimakasih telah menyambut kedatang kami dengan sangat meriah," Pungkasnya (RNL)