LAMPUNG BARAT-- Sekura ( topeng Seribu Wajah) asal Lampung Barat yang biasanya diselenggarakan setiap hari raya idul fitri kali ini bakal menjadi bagian yang disuguhkan saat open ceremony Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung IX di Stadion Pahoman, Bandar Lampung, Senin, 5 Desember 2022 mendatang.


Besok Kamis 1 Desember 2022 direncanakan Bupati Lampung Barat  Parosil Mabsus mengukuhkan sekaligus melepas secara resmi kontingen Pekan Olah Raga Provinsi Lampung yang berasal dari Kabupaten Lampung Barat di halaman  Lobi Pemkab Lampung Barat. 


Ketua Umum (Ketum) KONI Lampung Barat, Parosil Mabsus, disadur dari keterangan yang diterima hari ini, Rabu, (30/11/2022) mengatakan"sekura yang bakal ditampilkan, yakni sekura betik atau helau, sekura di ajang Poprov tersebut bagian dari promosi budaya Lampung, khususnya Lampung Barat." ujar parosil.


Setidaknya, tercatat 182 orang bakal bakal dilepas dikukuhkan dan dilepas di lobby kantor bupati, besok, Kamis, 1 Desember 2022.


" Lampung Barat mengirimkan atlet-atlet terbaik dan duta dalam mempromosikan adat budaya Lampung Barat, sekura ". Tambahnya


Masih kata Parosil, Cabang olah raga (Cabor) yang Porprov kali ini setidaknya 19 cabor yang akan kita ikuti.Persiapan sudah matang, seluruh Pengkab sudah melakukan pemusatan latihan, selain meraih prestasi terbaik dengan target masuk tiga besar.


" Atlet Lampung Barat banyak menghasilkan prestasi terbaik, Atlet Karate sudah meraih prestasi tingkat nasional bahkan Asean, atlet Pencak Silat selalu mendominasi di Lampung ".  


Selain itu, bulutangkis selalu mendapat gelar juara, gulat tetap ditarget juara umum Porprov, demikian juga dengan cabor lain, seperti tenis meja, renang, panahan, e_sport, panjat tebing, taekwondo, kempo, tarung derajat, sambo, catur, termasuk cabor beregu, seperti bola voli, basket dan futsal. Pungkasnya (RNL)