Lampung Selatan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan akan menjalin kerja sama dengan PT Angkasa Pura II dalam sektor pariwisata dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terdapat di Bumi Khagom Mufakat.

Hal tersebut terungkap dalam audiensi antara Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dan General Manager (GM) Angkasa Pura II, Bandara Raden Inten II Lampung Untung Basuki yang berlangsung di Ruang Vidcon, Rumah Dinas Bupati setempat, Rabu (01/02/2023).

General Manager (GM) Angkasa Pura II, Bandara Raden Inten II Lampung Untung Basuki menyampaikan, kerja sama yang akan dijalin tersebut merupakan wujud nyata dari sinergitas Pemkab Lampung Selatan dan PT Angkasa Pura. Dimana, dalam kerja sama tersebut pihaknya akan membantu membranding sektor pariwisata dan UMKM Lampung Selatan dengan memanfaatkan media promosi yang ada di Bandara.

Dirinya menyebut, hal ini merupakan peluang dan kesempatan yang baik untuk membantu mempromosikan produk lokal ke taraf internasional. Mengingat, produk wisata dan UMKM tersebut bukan hanya akan dipamerkan di Bandara Raden Inten II Lampung, namun juga di Bandara Internasional Sokarno-Hatta.

“Kalau di Lampung kan yang melihat juga warga Lampung juga, tapi kalau kita promosi di luar Lampung itu bisa semakin memperkenalkan Lampung. Kita promosi diluar Lampung untuk menarik minat penumpang lain. Kemarin saya tanya, mungkin ngak kalau produk UMKM Lampung Selatan ikut event disana? Ternyata bisa selama 1 Bulan, sudah ada 8 booth yang siap,” ujar Untung Basuki.

High season itu biasanya musim liburan anak sekolah sekitar Juni-Juli itu lah atau di musim lebaran, tapi kalau di musim lebaran itu ada high season dan low season-nya. High-nya semiggu sebelum lebaran, tapi pas awal-awal ramadan itu biasanya low season pak, jadi antara tanggal 1-20 ramadan itu agak sepi,” ujarnya.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan, kerja sama yang akan terjalin antara pemerintah daerah dan PT Angkasa Pura II tersebut merupakan peluang besar untuk lebih meningkatkan iklim investasi di Bumi Khagom Mufakat.

Dirinya menjelaskan, kesempatan itu juga sejalan dengan upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan efektivitas pengembangan pariwisata, budaya dan produk UMKM yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

“Membantu mempromosikan UMKM, budaya dan pariwisata. Kita memang terus menggali potensi daerah, tinggal bagaimana nanti kita malakukan promosi dan dibantu oleh Bandara. Kita ingin meningkatkan pendapatan dengan mempromosikan budaya, pariwisata dan UMKM,” kata Nanang. (ptm).