LAMPUNG BARAT--- Perbaikan kerusakan jalan menuju perkebunan kopi milik masyarakat pekon Kota Besi  kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat dilakukan secara swadaya oleh warga setempat. 


 kondisi jalan tersebut memang sudah dikeluhkan warga. Sebab setiap habis diguyur hujan, kondisi jalan jadi licin dan becek. Sehingga warga setempat, berinisiatif mengumpulkan dana swadaya untuk membeli material seadanya, yang selanjutnya perbaikan jalan dilakukan dengan bergotong-royong. 


Salah seorang warga pekon setempat Peri yang kebetulan rumah nya selalu menyebrangi jalan tersebut menyampaikan, sekitar sepuluh kepala keluarga (KK) yang tinggal di lingkungan itu. Sementara akses tersebut merupakan akses satu-satunya, sehingga warga setempat dengan sukarela melakukan perbaikan di titik-titik kerusakannya. 


"Mau tidak mau ini terpaksa kami lakukan, karena ini kebutuhan warga kami dan juga masyarakat khususnya yang memiliki kebun yang melintasi jalan tersebut ". Ucapnya Sabtu (09/03/2024)


Dikatakannya, jalan ini hanya satu satu nya akses jalan untuk mengeluarkan hasil kebun seperti kopi apa lagi saat ini sudah memasuki musim panen.


Lanjutnya, sekitar 600 meter jalan di lingkungan tersebut yang butuh peningkatan. Sebab sampai saat ini masih berbentuk jalan tanah.


"Makanya hampir setiap saat kami lakukan penanganan sementara, karena memang bukan sedikit warga kami yang menggunakan jalan ini," terangnya. 


Penanganan swadaya yang dilakukan pihaknya, hanya dengan melakukan penyemenan lubang dan jalan yang becek menggunakan material pasir batu semen. Hal itu diakuinya tidak akan maksimal, namun cukup untuk penanganan sementara, agar kondisi jalan tidak semakin parah.


 "Apalagi saat hujan atau setelah hujan, itu beceknya minta ampun. Tapi mau tidak mau, harus dilalui warga," Pungkasnya (Ronal)