RO, KALIANDA - Berbagai upaya dilakukan masyarakat untuk memutus rantai penyebaran virus Corona atau Covid - 19 yang telah menjadi pendemi global saat ini.

Hal itu juga yang dilakukan pemuda Risma Al-Ghofur RT Lingkungan 04 Sukamandi Kelurahan Bumi Agung, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, dengan melakukan penyemprotan disinfektan, Rabu (25/03/2020).

Penyemprotan cairan dilakukan disetiap rumah warga secara door to door, bersama Kepala Lingkungan 04 Sukamandi, Desmi Fitra yang ikut turun langsung menyemprotkan cairan desinfektan.

Ketua Risma Al-Ghofur Sukamandi, Ahmad Famuji mengatakan, pihaknya memiliki inisiatif mengajak para pemuda berkordinasi dengan Kepala Lingkungan 04 Sukamandi dan para RT hari ini melaksanakan penyemprotan Desinfektan.

"Alhamdulillah hari ini terlaksana penyemprotan guna untuk pencegahan virus-virus yang berbahaya dengan sasaran rumah warga, tempat Ibadah dan fasilitas umum yang ada," kata Ahmad Famuji kepada media.

Menurut Muji sapaan akrabnya menambahkan, pihaknya mengajak seluruh pemuda - pemudi untuk berperan aktif dalam menjaga kebersihan dan lingkungan yang ada menginggat saat ini penyebaran virus mematikan harus dilawan dengan memutus mata rantainya.

"Ayoo, para pemuda Sukamandi kita peduli terhadap lingkungan, tetap jaga kesehatan agar terhindar penyakit seperti corona," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Lingkungan 04 Sukamandi, Desmi Fitra mengatakan, pihaknya akan selalu mendukung setiap kegiatan yang dilakukan sepanjang kegiatan itu ppsitif.

Apalagi kata bang Des sapaan akrabnya, saat ini kita dihadapkan dengan persoalan kesehatan dimana merebaknya virus corona atau Covid - 19 ini, kita harus saling menjaga kebersihan dan kesehatan agar terhindar dari penyakit.

Kemudian lanjut Desmi Fitra, pihaknya telah memberikan imbauan kepada masyarakat agar menjaga kesehatan dan tidak keluar rumah jika tidak penting.

"Sehubungan dengan merebaknya wabah virus corona (covid-19), kami menghimbau kepada segenap warga untuk Menjaga kesehatan dan kebersihan rumah masing-masing, Tidak melakukan kegiatan yang mengundang keramaian," imbaunya.

Selain itu kata dia, kepada masyarakat Lingkungan 04 Sukamandi Kiranya tidak melakukan aktifitas di perjalanan apabila tidak terlalu penting.

"Lalu, Bagi warga atau sanak saudara yang baru pulang dari luar daerah atau tamu yang berkunjung diharapkan lapor kepada RT setempat atau kepala lingkungan, sehingga kita sama-sama menjaga diri dan lingkungan kita agar terhindar dari penyakit virus corona," tutupnya.

Untuk diketahui, penyemprotan ini dilakukan dengan dana pribadi dan swadaya masyarakat. (An/Red)