RO, KALIANDA – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan memproduksi 1,5 juta masker untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran virus korona alias Covid 19 di daerah setempat.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menyebut, akan menyediakan 1,5 juta masker untuk dibagikan kepada masyarakat.

“Kita siapkan satu setengah juta masker untuk warga. Nanti kita bagi rata ditiap kecamatan,” ujar Nanang di Posko Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Lampung Selatan, rumah dinas bupati setempat, Jumat (10/4/2020).

Nanang melanjutkan, dalam penyediaan masker ini, pihaknya akan menggandeng pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), kader-kader PKK, serta pengrajin lokal dalam proses pembuatan masker.

“Nanti kita memberdayakan warga supaya bisa mendapatkan penghasilan. Ini untuk memperbaiki ekonomi masyarakat menengah kebawah ditengah wabah Covid 19,” katanya.

Sementara, Inspektur Kabupaten Lampung Selatan, Joko Sapta menambahkan, program 1,5 juta masker tersebut sebagai upaya mendukung program pemerintah pusat yang mewajibkan masyarakat menggunakan masker. Anggaran Rp.1 miliar yang disiapkan berasal dari APBD.

“Satu miliar dari pemerintah daerah, sisanya berasal dari Dana Desa (DD). Hari ini mulai kita sosialisasikan kepada Kepala Desa,” ucap Joko Sapta mendampingi Plt Bupati. (Az/Red)