RO, KALIANDA - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Jimmy B. Hutapea, menjelaskan tentang penambahan 3 kasus terkonfirmasi positif covid-19.

Hingga Kamis (21/05/2020), jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Lampung Selatan berjumlah 13 kasus. 6 diantaranya sembuh dan 7 masih isolasi mandiri.

Berikut keterangannya:

Kasus konfirmasi positif ke 11, an. S umur 69 tahun, ke- 12 an. A umur  57  tahun dan ke 13 an. N  umur  25 tahun.

Ketiga kasus baru berjenis kelamin perempuan  berasal dari kecamatan  kalianda 1 orang dan kecamatan natar  2 orang.

Kasus baru konfirmasi positif merupakan hasil tracing dari kasus 07 dan kasus 08 kabupaten lampung selatan. Saat ini kondisi pasien dalam keadaan stabil serta tidak ada gejala, dan dilakukan isolasi mandiri dirumah.

Baca Juga : (Video) Dokter di Kalianda Pasien Positif Corona Nomor 53 di Lampung. Berikut Penjelasannya

Dengan bertambahnya kasus baru positif di Lampung Selatan artinya masih ada proses penularan di masyarakat, maka marilah kita bersama-sama senantiasa berdoa agar kita selalu dalam keadaan sehat, karena kita tidak tahu siapa saja orang di sekitar kita yang termasuk orang tanpa gejala dan dapat menularkan covid 19 kepada orang lain.

Maka marilah bersama-sama kita bangkit  dan secara bergotong royong memutus  penyebaran covid 19 agar tidak lebih luas lagi, mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar. Itulah peran terbesar kita sebagai masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan  dengan tinggal di rumah saja, jaga jarak, tingkatkan phbs, gunakan masker dan tingkatkan daya tahan tubuh.

Untuk selanjutnya saya informasikan perkembangan kasus covid 19 di kabupaten lampung selatan sampai dengan tanggal 21 mei 2020, sebagai berikut  :

Jumlah  pemeriksaan rapid test  sebanyak  531  orang dengan hasil  reaktif  10  orang dan non reaktif 521  orang, di lakukan pada saat kontak tracing di wilayah kecamatan kalianda, kecamatan candipuro, kecamatan jati agung dan kecamatan natar serta kecamatan sidomulyo. Untuk kasus dengan hasil rapid test reaktif sudah dilakukan swab semua tinggal menunggu hasil.

Jumlah pemeriksaan pcr  39  orang pdp dan otg  dengan hasil  konfirmasi positif  13  orang  dan hasil negatif 13  orang, dan masih menunggu hasil  13  orang

Jumlah odp   sebanyak 441   orang, masih dalam pemantauan  13  odp serta selesai di pantau 428   orang.

Jumlah pdp total  18  orang, masih dirawat  5  orang  dan negatif 12  orang serta meninggal 1 orang.

Jumlah otg  total 35  orang yang masih proses pemantauan 8  orang  dan selesai pemantauan 27  orang.

Jumlah  konfirmasi positif sebanyak 13  orang, isolasi  mandiri   7 orang  dan sembuh  6 orang.

Berdasarkan kelompok umur
Bayi       = 1 orang
Remaja    = 2 orang
Usia 40 sd 50 th   = 5 orang
Usia 51 sd 70 th  = 5 orang

Berdasarkan jenis kelamin 10 kasus positif berjenis kelamin laki-laki   dan 3 orang berjenis kelamin perempuan.

Berdasarkan lokasi di kecamatan jati agung 5 kasus, kecamatan natar 6 kasus dan kecamatan kalianda 2 kasus.

Demikian press release ini di sampaikan , agar dapat di pergunakan  sebagaimana  mestinya.

Diberitakan sebelumnya kasus 07 Lampung Selatan atau Pasien no 53 untuk wilayah Provinsi Lampung, merupakan seorang dokter profesional yang membuka praktek di kota Kalianda.

Sedangkan Pasien 08 merupakan seorang bayi berusia 11 bulan asal Kecamatan Natar.

(red)