RO, TULANGBAWANG - Secara massif Pemerintah Daerah Kabupaten Tulangbawang, di bawah koordinasi Bupati Tulangbawang Winarti sebagai Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19  di kabupaten setempat terus melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona, Senin (11/05/2020).

Setelah menggulir bantuan keseluruhan penjuru kampung yang ada  di Tulangbawang bagi masyarakat yang terdampak pandemi covid-19, ia juga rutin menggelar kegiatan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat bersama para Tokoh Adat Megow Pak Tulangbawang.

Salah satunya adalah melakukan pembagian masker kepada masyarakat yang berada tempat di tempat-tempat fasilitas umum seperti pasar.

"Kami Tim Gugus Tugas Covid-19 bersama dengan tokoh adat menindaklanjuti dan mempertegas arahan Bapak Kapolda, bahwa pasar sebagai pusat keramaian dikhawatirkan berpotensi menjadi salah satu pusat penularan virus corona yang mungkin dibawa oleh orang luar yang berkunjung ke pasar. Oleh sebab itu,, kepada siapapun yang ada di pasar untuk wajib memakai masker kain, wajib melaksankan protokol kesehatan seperti jaga jarak dan cuci tangan," ucap Winarti.

Kemudian, lanjut Winarti, jika ada masyarakat yang sakit dihimbau tidak ke luar rumah, apalagi ke pasar.

"Mulai hari Rabu ini, tidak boleh ada masyarakat yang sedang sakit memasuki pasar. Sebab ini  kewajiban kita untuk menjaga  kesehatan bersama. Anda sehat, kami bahagia," imbaunya.

Winarti juga meminta unsur terkait seperti Polres Tulangbawang, Kodim 0426/TB, dan  tokoh adat untuk terus semangat menyampaikan atau mempertegas kebijakan terkait pencegahan virus corona kepada masyarakat.

Sementara itu, salah satu Tokoh Adat Megow Pak Tulangbawang, Saidi Efendi, mengucapkan terima kasih banyak ke bupati setempat atas ajakan bersama-sama memutus rantai Covid-19.

"Kami dengan ikhlas dan sukarela untuk membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Tulangbawang, dalam rangka sosialisasi dan juga seperti membagi-bagikan masker kepada masyarakat Tulangbawang, khususnya di Kota Menggala," jelasnya.

Hal demikian, lanjut Saidi, dilakukan dalam rangka menghimbau, mengajak masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan, seperti menggunakan masker bilamana keluar rumah, dan rajin mencuci tangan.

"Perlu kita sadari bersama, bahwa Covid-19 sangat sangat dikhawatirkan, karena kita tidak tahu dari mana datang dan akan menular, sebab penyakit tersebut tidak terlihat. Oleh karenanya, atas nama masyarakat Adat Megow Pak Tulangbawang menghimbau kepada masyarakat Tulangbawang agar bersama-sama bekerjasama bergotong-royong untuk mendengarkan himbauan dari Pemda Tuba dalam rangka memutus mata rantai virus corona. Semoga Allah SWT memberikan kesehatan dan melindungi kita semua," pungkasnya. (Sfr/Ptr)