Iklan Banner

Perindo Lamsel Beri Pelatihan Budidaya Ikan Bagi Puluhan Pelajar SMK di Sragi

Redaksi
5 Agustus 2020
Advertisement

Baca Juga

SRAGI (RO) - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Partai Perindo Lampung Selatan (Lamsel) dibidang budidaya ikan air tawar terus bergerak nyata.

Setelah sebelumnya memberikan pembinaan budidaya kepada puluhan warga Natar. Rabu (05/07/2020) Perindo Lamsel memberikan pembinaan panen ikan kepada puluhan pelajar SMK, di kolam yang berada di Desa Bandar Agung, Kecamatan Sragi.

Ketua DPD Partai Perindo Lamsel, H Aribun Sayunis mengungkapkan, pembinaan kepada pelajar SMK itu sebenarnya telah terjalin sejak lama. Yakni dalam bentuk Praktek Kerja Lapangan (PKL) siswa SMK. Namun, kendati masa PKL telah rampung, pembinaan yang dilakukan Aribun Sayunis tetap dilakukan.

"Kita tidak pernah membatasi siapapun yang berminat untuk usaha dibidang perikanan air tawar. Sebisa mungkin kita bina, dari cara pembudidayaan hingga pemanenan," ujar Aribun kepada media.

Terlebih, sosok Aribun Sayunis sejak puluhan tahun lalu telah menyandang sebutan pengusaha ikan sukses dari Kecamatan Palas. Sehingga, ia menjadi satu-satunya tokoh pengusaha ikan asal Provinsi Lampung yang menduduki posisi nomor 4 di pengurusan Asosiasi Pengusaha Catfish Indonesia (APCI) pusat. Ia juga merupakan Ketua APCI Provinsi Lampung.

"Saya sangat senang, jika ada yang mau belajar tentang budidaya. Agar nantinya, kita bisa menciptakan regenerasi usahawan dibidang perikanan," lanjutnya.

Ia mengatakan, untuk pemasaran ikan air tawar, tidak begitu terpengaruh di masa pandemi covid-19. Utamanya, di dalam pasar lokal Provinsi Lampung.

"Sebab, konsumsi ikan juga baik untuk dapat menjaga imun tubuh dan mencegah penularan virus corona. Untuk itu, kalau untuk pemasaran di sekup lokal tidak terpengaruh. Hal itu juga kerap kita sampaikan kepada para pelajar dan siapapun yang menimba ilmu dengan kita dibidang budidaya," Paparnya.

Untuk diketahui, Aribun Sayunis juga merupakan satu-satunya tokoh pengusaha ikan yang sukses memasarkan hasil budidayanya ke pasar ekspor. Yakni, ke negara bagian timur tengah, khususnya fi Arab Saudi.

Ikan air tawar yang ia ekspor ke Arab, menjadi konsumsi makanan pokok bagi jamaah haji dari Indonesia dan negara lainnya. Untuk itu, sosok usahawan Aribun Sayunis patut menjadi percontohan bahwa budidaya ikan dapat menjadi media kesuksesan. (Red)


Apa Reaksi Anda?
Suka
Sangat Suka
Lucu
Terkejut
Sedih
Marah

Rekomendasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar