-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Gempa Lampung Selatan, BPBD Pastikan Tak Ada Korban Jiwa dan Aman

20 Maret 2021 | 10:02 WIB


RETORIKAONLINE (KALIANDA) - Gempa bumi bermagnitudo 3,7 yang terjadi Provinsi Lampung, tepatnya di Lampung Selatan (Lamsel), pada Sabtu (20/03/2021) pukul 00.01 WIB, dipastikan aman.


Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Lampung Selatan M. Darmawan, memastikan tidak ada korban jiwa ataupun kerusakan yang ditimbulkan dari gempa semalam.


"Nggak ada korban jiwa ataupun kerusakan rumah dan bangunan, semuanya aman dan terkondisi dengan baik," ungkap Darmawan, saat dihubungi, Sabtu (20/03/2021).


Dia melanjutkan, usai terjadinya gempa, pihaknya langsung memonitor seluruh kondisi yang ada di kabupaten Lamsel, termasuk aktifitas Gunung Anak Krakatau (GAK).


"Saat terjadi gempa itu, saya langsung mengecek kondisi warga Lamsel, saya hubungi seluruh kecamatan, ternyata nggak ada kerusakan, lalu saya pantau GAK, kondisinya masih normal," ujarnya.

 

Diberitakan sebelumnya, Gempa bumi bermagnitudo 3,7, mengguncang Provinsi Lampung, pada Sabtu (20/3/2021) pukul 00.01 WIB.


Dilansir dari website Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), titik pusat gempa berada dikoordinat 5,64 derajat Lintang Selatan dan 105,35 Bujur Timur dengan kedalaman 2 kilometer.

Titik pusat gempa tersebut berada di kedalaman laut tepatnya 27 km barat laut Lampung Selatan.

Menurut BMKG, gempa dirasakan III MMI di Bandar Lampung dan Lampung Selatan. Warga juga diimbau agar berhati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi.

Berikut keterangan resminya :

*GEMPABUMI TEKTONIK M3.7 DIRASAKAN DI LAMPUNGSELATAN*

*Kejadian dan Parameter Gempabumi:*             
Hari Sabtu, 20 Maret 2021 pukul 00:01:11 WIB, wilayah LAMPUNGSELATAN dan sekitarnya diguncang gempabumi Tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3.7. Episenter terletak pada koordinat 5.64 LS dan 105.35 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 27 km BaratLaut LAMPUNGSELATAN pada kedalaman 2 kilometer.                

*Jenis dan Mekanisme Gempabumi:*

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi Dangkal akibat aktivitas Sesar lokal wilayah setempat.          

*Dampak Gempabumi:*             

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Bandar Lampung dan Lampung Selatan dengan Skala Intensitas III MMI (*Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu*).  Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

*Gempabumi Susulan:*

Hingga pukul 00:29 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

*Rekomendasi:*

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (http://balai2.bmkg.go.id/ atau http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Tangerang Selatan, 20 Maret 2021

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan

HENDRO NUGROHO, ST, M.Si 

(YP/Red)
×
Berita Terbaru Update