-->

Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Usai Dibersihkan, Warga Kembali Buang Sampah di Dermaga Bom Kalianda

18 Maret 2021 | 12:38 WIB
Foto: Ist

RETORIKAONLINE (KALIANDA) - Area Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan wisata kuliner Dermaga Bom Kalianda, kembali kotor dengan tumpukan sampah rumah tangga yang merusak pandangan mata.

Padahal sebelumnya, Selasa (16/03/2021) lalu, petugas kebersihan sudah membersihkan sampah-sampah yang menumpuk disekitar area TPI Dermaga Bom.

Pantauan tim media, Kamis (18/03/2021) pagi, warga dan oknum pedagang kembali membuang sampah bukan pada tempatnya dan nekat membuang sampah ditengah jalan dermaga menuju pantai.

Tampak sampah organik dan non organik bercampur jadi satu, aroma tak sedap mulai tercium oleh warga yang melintas atau berdiri didekat tumpukan sampah.

Salah seorang pengunjung Dermaga Bom, Irawan mengaku, dirinya sangat terganggu dengan pemandangan tersebut, apalagi jika warga atau pedagang membuang sampah disembarang tempat, apalagi ditengah jalan. 

"Sepertinya warga atau pedagang cuek, tak kapok membuang sampah disini. Bukankah kemarin sudah disidak oleh Wakil Bupati Lamsel, bahkan saya baca disalah satu media online, Pak Wakil Bupati merasa geram dan menghimbau warga, pengunjung dan pedagang disini agar tertib dan tak buang sampah sembarangan, tapi lihat sendiri dengan abang keadaannya sekarang," katanya.

Senada, warga lainnya Dermaga Bom yamengatakan bahwa sampah-sampah yang dilemparkan oleh orang tak bertanggung jawab tersebut justru dekat dengan kediaman Ketua RT setempat.

 "Ironis memang bang, tumpukan sampah tersebut cuma 10 meter dari rumah Ketua RT 02/01 Kalianda Bawah, 50 meter jaraknya dengan rumah Kepala Lingkungan 01 Kalianda Bawah, masak mereka tidak bisa mengatasi masalah ini ? Bukankah Dermaga Bom ini masih wilayah mereka," ujar Yadi.

Dia mengusulkan kepada pihak terkait agar mengatasi permasalahan sampah ini dengan serius, karena berdampak dengan keindahan dan kenyamanan pengunjung, bail wisatawan lokal maupun luar daerah.

"Bila perlu pasang CCTV dilokasi-lokasi tempat warga membuang sampah sembarangan, atau bila perlu dipagar saja lokasi yang disidak Wakil Bupati kemarin. Untuk pihak terkait seperti Camat, Lurah, KUPT Perikanan dan Dinas Lingkungan Hidup Lamsel supaya lebih giat lagi atasi masalah sampah ini. Lingkungan yang sehat dan bersih jadikan pengunjung nyaman datang kesini," (Je/Bob)
×
Berita Terbaru Update