KALIANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar Brainstorming Kelitbangan bersama Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si, secara hybrid, Jum’at (10/12/2021).


Secara tatap muka kegiatan dipusatkan di aula sebuku, rumah dinas bupati Lampung Selatan. Sedangkan secara virtual kegiatan itu diikuti oleh pejabat Eselon III dan IV melalui aplikasi zoom meeting dan dapat pula disaksikan secara live streaming di channel YouTube SPBE Lamsel.


Kepala Balitbang Daerah Lampung Selatan Syahlani, SH, MH, mengatakan kegiatan Brainstorming Kelitbangan ditujukan untuk meningkatkan budaya inovasi dan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjalankan tugas pemerintahan daerah.


“Tujuan Pelaksanaan acara ini, yang pertama meningkatkan kapasitas kelembagaan dan sumber daya manusia di lingkungan Pemkab Lampung Selatan, guna meningkatkan kinerja penyelenggara pemerintah daerah,” katanya.


Selain itu, lanjut Syahlani, kegiatan tersebut juga merupakan bentuk fasilitasi pengembangan inovasi daerah, dalam mendorong penguatan dan penciptaan inovasi. Disisi lain, dapat pula memperkuat sinergitas kelitbangan dari seluruh stakeholder terkait.


“Penguatan kerjasama kelitbangan dengan mensinegikan seluruh pemangku kepentingan guna mencapai terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, peran serta masyarakat dan daya saing daerah,” jelasnya.


Dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, Syahlani berharap, dapat tercipta budaya inovasi daerah yang meliputi inovasi tata kelola pemerintah daerah, inovasi pelayanan publik dan inovasi lainnya pada seluruh Organisasi Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Lampung Selatan.


“Membuka wawasan dan meningkatkan pemahaman seluruh pemangku kepentingan, akan pentingnya kelitbangan dalam rangka peningkatan pelayanan publik, peran serta masyarakat dan daya saing daerah,” ungkapnya.


Sementara itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan, Brainstorming Kelitbangan merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan, guna memecahkan berbagai permasalahan yang ada.


Menurutnya, kemajuan perkembangan teknologi pada era globalisasi seperti sekarang ini, perlu diimbangi dengan inovasi dan kreativitas ASN dalam menghadapi berbagai persoalan yang muncul pada dunia pemerintahan.


“Brainstorming Kelitbangan ini sangat penting untuk kita, yang mana pada era globalisasi dibutuhkan sebuah metode untuk memecahkan berbagai persoalan-persoalan. Tuntutan zaman, nah ini khusunya pada pejabat-pejabat pada tingkat desa, kecamatan termasuk kita (tingkat kabupaten),” ujarnya.


Menurut Nanang, Brainstorming Kelitbangan juga merupakan salah satu bentuk peningkatan kualitas SDM, dengan cara merangsang kecerdasan para ASN dalam melakukan berbagai inovasi. Hal ini, kata Dia, dilakukan guna mencapai tujuan daerah.


“Dengan Brainstorming ini saya sangat senang, karena dibutuhkan suatu kecepatan, kecerdasan, inovasi kita, berfikir kita. Mudah-mudahan ini dapat menambah wawasan kita, semangat kita, kemampuan pemikiran kita agar lebih siap lagi,” tuturnya.


Dengan dilaksanakannya Brainstorming Kelitbangan, lanjut Nanang, diharapkan dapat membuka pola pikir ASN dalam melakukan berbagai inovasi, yang kemudian ditunjukkan melalui peningkatan hasil kinerja yang lebih baik lagi.


“Kalau di handphone itu menginstal, nah hari ini kita diinstal, dirangsang lagi pola pikir kita, otak kita. Bagaimana sebanyak-banyaknya untuk memberikan gagasan dan ide, dengan era globalisasi ini benar-benar tantangan yang luar biasa. Harus benar-benar kita kejar kalau tidak ya ketinggalan,” jelasnya.


Dalam kegiatan itu, turut dilaksanakan pula penyerahan Surat Keputusan (SK) Dewan Riset dan Inovasi Daerah (DERIDA) Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2022 – 2023.


Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto kepada Ketua Derida Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, Wakil Ketua Bidang Riset Derida Prof. Dr. Hamzah, SH, MH, dan Wakil Ketua Bidang Inovasi Derida Prof. Dr. Murhadi, MS.


Nampak hadir dalam kegiatan, Wakil Bupati Pandu Kesuma Dewangsa, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Thamrin, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD serta para Camat di lingkungan Pemkab Lampung Selatan. (ptm).