KALIANDA (RO) - Pemerintah Kabupaten  Lampung  Selatan memerintahkan kepada Camat dan Kepala Desa (Kades) diseluruh wilayah Kabupaten ini agar kembali mengaktifkan Posko Covid-19, mengingat kembali merebaknya penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut.


Hal itu mengacu pada surat Nomor 414.3/0518/IV.13/2022 tentang Himbauan Protokol Kesehatan yang ditanda-tangani langsung Sekretaris Derah Lampung Selatan Thamrin, S. Sos siang ini, Kamis (10/02/2022). 


Dari surat itu, diminta kepada seluruh Camat dan Kades untuk mengambil langkah-langkah sebagai berikut : 


a. Pelaksanaan kegiatan di Desa seperti hajatan/haul,  kegiatan seni budaya, sosial keagamaan dan olahraga yang menimbulkan kerumunan maksimal kapasitas 50% dengan menggunakan aplikasi peduli lindungi dan menerapkan protokol kesehatan ketat. 


b. Mengaktifkan kembali posko Satgas Covid-19, Kecamatan dan Desa berkoordinasi dengan Uspika dan Puskesmas serta Satgas Covid-19 Kecamatan, serta mengalokasikan anggaran Dana Desa Penanggulangan Covid-19 sebesar 8%.


c. Kegiatan Musrenbang dan Lomba Desa agar dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat dan menggunakan konsumai nasi kotak. 


d. Pembatasan jam buka Restauran/Cafe/Pusat Jajajnan/Alun-Alun sampai jam 21.00 WIB kecuali restauran yang makanan dibawa pulang. 


e. Pasar tradisional/Mininarket dan kegiatan konstruksi tetap berjalan dengan protokol kesehatan. 


f. Camat agar dapat menginformasikan dan melakukan pengawasan atas Imendagri, Instruksi Gubernur Lampung, Instruksi Bupati Lampung Selatan dan Maklumat Kapolres Lampung Selatan tersebut kepada  seluruh Desa diwilayah kerja masing-masing  Kecmatan dan melaporkan secara berkala kepada Satgas Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan. 


Plt. Kadis PMD Lamsel Erdiyansyah, SH mengatakan imbauan Pemkab tersebut diambil setelah Pemkab Lamsel mengikuti zoom meeting dengan Dirjen Pemdes Kemendagri. 


"Iya, imbauan kepada seluruh Camat Dan Kades terkait pengaktifan kembali Posko Covid-19 setelah Pemkab mengikuti Zoom Meeting dengan Dirjen Pemdes Kemendagri Rabu (09/02/2022) kemarin," kata mantan Camat Kalianda ini. (mp)