LAMPUNG BARAT---Sempat ditiadakan akibat pandemi covid-19 selama dua tahun pesta sakura cakak buah dikabupaten Lampung Barat (Lambar) ditahun ini kembali digelar.


Sakura cakak buah adalah salah satu tradisi adat yang berada kabupaten berjuluk Bumi Beguai Jejema Sai Betik, yang sering diselenggarakan dibulan syawal setelah bulan ramadhan untuk memeriahkan datangnya hari raya idhul fitri.


Momen tersebut sangat ditunggu-tunggu hususnya masyrakat Lampung barat dimana acara tersebut biasanya tidak hanya dihadiri oleh masyrakat setempat melaikan banyak juga wisatawan dari luar daerah.


Kepala bidang Pemasaran pariwisata dan Ekonomi kereatif Dinas kepemudaan,olahraga,pariwisata (Disporapar) Lampung Barat, Endang Guntoro menyampaikan, berdasarkan Pernyataan Menteri prakraf Sandiaga Uno atas arahan peresiden jokowidodo bahwa ajang festival pesta budaya Sudah bisa degelar kembali tahun ini.


" berdasarkan rujukan tersebut gelaran Pesta Budaya Sekura yang selama ini di tunggu-tunggu untuk kembali di gelar oleh masyarakat Lampung Barat bisa di laksanakan ". Ungkap Endang Guntoro 


Lanjutnya, pesta budaya sekura ini merupakan tradisi dari yang telah di laksanakan bertahun-tahun saat hari raya idul fitri di Lampung Barat sehingga jangan sampai tradisi ini hilang.


" oleh karena itu sudah seharusnya kita kembali meramaikan gelaran pesta sekura cakak buah tersebut," tambahnya


Lebih lanjut Endang mengungkapkan, untuk menyelenggarakan pesta budaya sekura ini tidak akan terlalu sulit untuk mendapatkan izin asal mematuhi aturan yang ditetapkan seperti tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) karena perhelatan-perhelatan besar ini sudah atas restu pemerintah pusat. Pungkasnya (RNL)