LAMPUNG BARAT--Budidaya pepaya california kini sudah banyak ditemukan diberbagai lokasi sebagai salah satu komoditas pertanian yang memiliki peluang usaha sangat besar sama hal nya seperti di kecamatan Batu Brak, kabupaten Lampung Barat (Lambar) pada saat ini.


karena tingginya permintaan pasar terhadap buah yang satu ini membuat para petani mencoba membudidaya pepaya jenis california. Buah ini merupakan buah sehat yang banyak disukai masyarakat, hingga membuat permintaan pasar yang tinggi karena banyak yang mencarinya.


Secara umum pepaya california akan tampak seperti pepaya pada umumnya, namun sebenarnya pepaya jenis ini memiliki keunggulan dari segi rasa yang manis dan segar, warna buahnya yang merah serta daging buahnya lebih tebal dari pepaya biasa.


Salah seorang pembudidaya california yang sekaligus petani Kopi Mamak Din yang merupakan warga Pekon (desa) Kegeringan, Kecamatan Batu Brak, Lambar saat dikonfirmasi awak media, menjelaskan pemeliharaan tanaman pepaya california terbilang mudah, dari awal pembibitan hingga masa panen membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 8 bulan dengan perawatan dan pemupukan yang baik.


"Pepaya jenis ini lebih disukai masyarakat karena lebih manis dan tebal," ungkap Mamak Din, Rabu (18/1/23)


Buah pepaya california siap dipanen ketika telah terlihat semburat kuning di bagian ujung buah, Hingga kini ia membudidayakan california di sela batang Kopi di lahan garapannya sebanyak lebih kurang 300 batang.


"Dalam sekali panen alhamdulilh memperoleh 50 hingga 200 kilogram, untuk 1 kilogram dijual dengan harga Rp 2000 rupiah,  namun untuk harga saat ini masih belum setabil setiap minggunya mengalami perubahan karena tergantung cuaca dan banyaknya buah california yang dipanen petani ". Sambungnya


Selain menggunakan media sosial untuk pemasaran, hasil tanamannya juga dijual ke pedagang sayur di sekitar rumahnya, dan ada juga khusus pengepul atau pemborong pepaya california dalam jumlah banyak di kampungnya.


" Untuk pembibitannya banyak masyarakat yang membeli dari pembudidaya dan banyak juga yang menyemai sendiri ". Ucapnya


Karena awalnya hanya mencoba-coba dan sekarang sudah banyak masyarakat yang ikut membudidaya di lahan masing-masing sehingga kini pembudidayanya sudah mulai banyak dan pengepulnya pun sudah mulai banyak yang mencari.


"Bagi masyarakat khususnya di kabupaten Lampung Barat yang ingin membudidaya pepaya jenis california caranya cukup mudah dan tidak terlalu sulit pemeliharaannya, juga tentunya tidak banyak memakan modal ". Pungkasnya (RNL)