LAMPUNG BARAT (RO)--Bencana alam berupa pohon bambu tumbang terjadi di Pekon (Desa) Kota Besi Kecamatan Batu Brak, akibat peristiwa tersebut timbul kemacetan kendaraan yang terjadi di sepanjang ruas jalan Nasional baik arah Liwa menuju Bandar Lampung ataupun sebaliknya, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 08:15 WIB. Rabu (8/02/2023).


Eca Wahyudi, warga Pekon Kerang Kecamatan Batu Brak yang berada di lokasi mengatakan bahwa hingga saat ini masyarakat di bantu beberapa pengendara yang melintas masih berupaya membersihkan batang pohon bambu yang melintang di ruas badan jalan nasional itu.


"Saat ini masyarakat masih berupaya membersihkan serpihan bambu menggunakan alat seadanya dibantu oleh pihak PLN dan juga pengendara yang melintas, sebab hingga saat ini hanya kendaraan roda empat dan roda dua yang bisa melintas secara bergantian," katanya, 


Lanjut Eca, Belum diketahui penyebab terjadinya tumpukan pohon bambu yang tumbang tersebut, sebab saat kejadian kondisi cuaca dalam keadaan cerah, serta tidak ada aktifitas manusia yang menyebabkan pohon bambu tersebut tumbang hingga membentang di badan jalan.


"Kalau penyebabnya belum tau karena cuaca dalam kondisi baik cerah tidak ada aktifitas manusia juga yang menyebabkan pohon tumbang, jadi kemungkinan karena memang sudah tidak kuat lagi menahan tumpukan bambu itu sehingga tumbang karena posisi nya juga dekat tebing,". Ungkapnya


Namun saat ini para pengendara sudah bisa melintas namun masih menggunakan satu jalur, sebab belum semua ranting pohon bisa dibersihkan karena keterbatasan alat yang digunakan yang masih menggunakan golok dan alat seadanya.


"Sudah bisa melintas namun bergantian karena belum semua bisa dibersihkan, untuk kendaraan besar yang belum bisa lewat karena enggk cukup ruang nya harus dibersihkan menyeluruh,". Ujarnya


Akibat kejadian tersebut di lokasi kemacetan terjadi hampir kurang lebih 200 meter, namun saat ini sudah dapat terurai karena sudah dilakukan evakuasi oleh masyarakat dan pengendara yang melintas untuk membersihkan puing-puing pohon. Pungkasnya (RNL)