Lamsel - Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto meminta PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tanjung Karang untuk segera memfasilitasi jaringan listrik di destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Nanang Ermanto saat beraudiensi dengan Manager PLN UP3 Tanjung Karang Donna Sinatra beserta jajaran yang berlangsung di Ruang Kerja Bupati Lampung Selatan, Senin (27/3/2023).

Nanang menyampaikan, penerangan destinasi wisata melalui pemasangan instalasi listrik menjadi hal yang sangat penting dan mendasar untuk menarik para wisatawan agar bisa berwisata di Kabupaten Lampung Selatan pada malam hari.

“Mudah-mudahan kolaborasi dan kerja sama dengan PLN bisa berjalan dengan baik. Suatu daerah dikatakan maju, salah satunya kalau penerangannya juga bagus. Kami sedang mengembangkan wisata-wisata, banyak yang belum masuk jaringan listrik,” kata Nanang.

Nanang juga menyampaikan, Kabupaten Lampung Selatan memiliki banyak wisata alam yang bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata unggulan di Indonesia. Hal ini kata Nanang, harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin sehingga bisa berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lampung Selatan.

“Ini penting, seperti Minang Rua, itu merupakan tempat wisata yang luar biasa. Banyak wisatan dari luar daerah, Jakarta, Palembang, Bandung. Tapi disitu ada yang kurang, belum ada listrik, ini harus segera. Karena akan berpengaruh terhadap peningkatan PAD kita,” imbuh Nanang.

Dalam kesempatan tersebut, Nanang juga meminta agar PT PLN UP3 Tanjung Karang bisa turut berkontribusi dalam acara Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) ke-IX yang akan berlangsung di Kabupaten Lampung Selatan pada bulan Juli 2023 mendatang.

“Kita ini mau ada kegiatan Jumbara di bulan Juli. Ini peran PLN saya minta penerangan untuk mempermudah pelaksanaan acara ini. Karena ini juga menyangkut nama baik Kabupaten Lampung Selatan. Acara ini diikuti oleh negara-negara Asia,” kata Nanang.

Sementara itu, Manager PLN UP3 Tanjung Karang Donna Sinatra menyatakan siap bersinergi, berkolaborasi serta mendukung pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan. Terlebih, hal tersebut untuk kemajuan masyarakat dan daerah.

“Kami mengucapkan terima kasih atas sinergi dan kolaborasi besama PLN. Kami juga akan mensupport kelistrikan Bakauheni Harbour City,” ujar Donna Sinatra.

Donna Sinatra juga menyampaikan tujuan dari kedatangan timnya menemui jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, yaitu guna melakukan perpanjangan MoU dan PKS untuk memperkuat Legal Standing PT PLN UP3 Tanjung Karang.

“Kita diberi kesempatan satu bulan. Kami berharap, kita bisa bersama-sama menyusun PKS-nya. Mungkin nanti dengan bagian hukum dan perangkat daerah terkait,” katanya. (ptm)