Lamsel - Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menerima audiensi Organisasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Lampung Selatan di ruang kerja bupati setempat, Senin (27/3/2023).

Audiensi tersebut dalam rangka pembahasan program-program kerja yang dilakukan oleh KADIN. Salah satunya, yaitu mengenai upaya peningkatan kesejahteraan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Lampung Selatan.

Mengawali audiensi, Ketua KADIN Lampung Selatan Budiman Dabo menyampaikan siap bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

“Kami siap untuk menciptakan pengembangan iklim usaha yang sehat, menciptakan lapangan kerja dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah,” kata Budiman Dabo

Budiman Dabo menambahkan, guna mendukung pertumbuhan ekonomi di masyarakat melalui sektor UMKM, pihaknya telah melakukan pembinaan kepada pelaku UMKM di Lampung Selatan.

“Pembinaan terkait UMKM dan beberapa komunitas yang ada di Kabupaten Lampung Selatan. Mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional, fokus kami di sektor UMKM. Kami inginkan UMKM bisa kita dongkrak ke kelas yang lebih tinggi,” tutur Budiman Dabo.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan akan mendukung program-program KADIN Lampung Selatan yang berkaitan dengan UMKM.

Hal itu lanjut  Nanang, sesuai dengan program pemerintah daerah yang sedang giat mengembangkan UMKM.

“Pada dasarnya kami mendukung. Saya yakin KADIN sudah punya langkah dan terobosan untuk memasarkan dan meningkatkan UMKM. Memang kami sedang menggalakkan agar pertumbuhan ekonomi di Lampung Selatan bisa lebih baik dalam situasi inflasi dunia ini,” ujar Nanang.

Nanang juga meminta agar KADIN Lampung Selatan bisa melakukan pembinaan secara utuh kepada masyarakat yang baru ingin memulai atau memasuki dunia usaha. Dengan begitu, diharapkan akan tercipta UMKM-UMKM baru di Kabupaten Lampung Selatan.

“Masyarakat yang baru mau mulai usaha ini juga harus dibina. KADIN harus ada disitu mencetak UMKM baru, yang tadinya buruh menjadi pengusaha,” kata Nanang.

“Kadin mempunyai tempat untuk mewadahi 15 ribu UMKM Lampung Selatan, membranding cara pemasarannya seperti apa. KADIN ini sebagai wadah untuk mencetak UMKM baru segingga ekonomi baru tumbuh,” tambah Nanang mengakhiri. (ptm)