LAMPUNG BARAT (RO)--Penyakit Diabetes Melitus (DM) atau yang lebih dikenal dengan Kencing Manis adalah penyakit yang tidak menular yang harus mendapatkan perhatian khusus, penyakit tersebut menjadi penyebab kematian tertinggi ke tiga di Indonesia setelah stroke dan jantung.


Jumlah penderita diabetes di Indonesia terus meningkat dalam setiap tahunnya bahkan Indonesia menduduki peringkat kelima dengan jumlah penderita diabetes terbanyak didunia.


Kabid Kemas Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat Erna Yanti, mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat Dr.Widyatmoko Kurniawan menyampaikan, Diabetes adalah penyakit yang terjadi akibat insulin tidak dihasilkan atau tidak bekerja dengan baik, sehingga menyebabkan gula menumpuk di darah kita.


" Melihat kondisi tersebut maka menerapkan hidup sehat merupakan kunci yang dapat meminimalisir seseorang terkena diabetes baik diusia muda maupun diusia lanjut, penyakit ini tidak bisa disembuhkan namun bisa dikendalikan agar tidak terjadi komplikasi ". Jelasnya Selasa (13/2/24)


Lanjutnya, Untuk itu ada enam langkah sehat  yang dapat mencegah seseorang menderita penyakit Diabetes Melitus, seperti berhenti merokok, mempertahankan berat badan ideal, melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi makanan yang sehat, rutin periksa gula darah, mengelola stres.


"  lebih baik mencegah dari pada mengobati, mari menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan apabila mengalami gejala diabetes melitus seperti buang air kecil lebih seperti biasanya terutama pada malam hari, kehilangan berat badan tampa melakukan apapun hingga luka yang tidak pernah sembuh ". Pungkasnya (Ronal)