RETORIKAONLINE (KALIANDA) - Puluhan jurnalis di Lampung Selatan, mendapatkam vaksinasi covid-19 dosis kedua di Puskemas Way Urang, Kalianda, Selasa (16/03/2021).

Menurut wartawan Hanggumpost.co, Ujang Irawan, usai menerima vaksin dosis yang kedua, dirinya tidak merasakan efek yang berlebih seperti yang vaksin pertama 14 hari lalu.

"Kalau vaksin yang pertama setelah disuntik itu bawaannya ngantuk dan kepala agak sakit," kata dia.

Hal sama diungkapkan Supradianto wartawan Infomerakyat.com. Menurutnya, tidak ada efek usai mendapatkan vaksinasi dosis kedua ini.

"Biasa saja, badan juga enak. Ya semoga setelah vaksin ini, kita semua bisa terhindar dari covid-19," jelasnya.

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Wayurang, Saiful Anwar menjelaskan, sejauh ini pihaknya telah melakukan vaksinasi kepada 350 orang, meliputi tenaga kesehatan, pendidik, jurnalis dan para tokoh.

"Dosis pertama 350, dosis kedua yang sudah divaksin 175 orang. Untuk sasarannya paling banyak akan diberikan kepada tenaga pendidik yaitu sekitar 243 orang," katanya.

KUPT Puskedmas Wayurang, Saiful Anwar (Kanan)

Dirnya melanjutkan, untuk vaksinasi bagi lansia (lanjut usia), akan dilakukan usai seluruh target vaksin tahap kedua selesai dilakukan.

"Target seluruhnya 20ribu vaksin, untuk lansia sasarannya 10ribu, mulai dari usia 55 tahun. Untuk yang 60 tahun keatas target 5ribu. Hari ini selesai vaksinasi tahap kedua, besok dilanjutkan guru dan tokoh agama," ungkapnya.

Dirinya mengimbau bagi masyarakat yang telah divaksin, agar selalu menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Prokes harus tetap dilakukan, karena virus ini belum hilang. Vaksin ini untuk mencegah, kalau terkena Insyaallah tidak akan parah," pungkasnya. (Red)