-->

Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Pembagian Daging Kurban di Masjid Agung Kalianda, Punya Kupon Tapi Tak Dapat Daging

20 Juli 2021 | 19:09 WIB

Foto: Ist

RETORIKAONLINE (KALIANDA) - Pembagian daging kurban di Masjid Agung Kalianda, Lampung Selatan, sempat diwarnai dengan kericuhan, Selasa (20/07/2021).


Bagaimana tidak, puluhan masyarakat tersebut kecewa, karena tidak mendapatkan jatah daging kurban, padahal mereka telah memiliki kupon untuk ditukarkan dengan besek yang berisi daging.


Kericuhan itu lantaran diduga jumlah kupon yang dibagikan ke masyarakat tidak sesuai dengan jumlah besek daging yang tersedia.

‌Alhasil, masyarakat Kota Kalianda dan sekitarnya yang sejak ba'da shalat zuhur berkumpul di depan masjid kebanggan Kota Kalianda tersebut terpantik emosinya.


Ada warga yang protes, bahkan ada yang merobek kupon dihadapan panitia kurban sambil mengoceh tak karuan, adapula warga yang menumpahkan kekesalannya dengan menendang ember sampah.


Wawan, salah seorang warga mengungkapkan, dirinya datang ke Masjid Agung sekitar pukul 13.30 WIB, namun saat tiba dilokasi, dirinya malah disuruh pulang dan disuruh kembali lagi pukul 15.30 oleh petugas SatPolPP yang berjaga.


"Pas dateng nyampe gerbang kata Pol PP nanti balik lagi jam setengah 4. Pas saya dateng setengah 4, daging udah abis kata panitianya, ya saya kecewa, kata pol PP nya belum selesai dibungkus dan ditimbang dagingnya. Kuponnya tadi didata sama panitia, disuruh balik lagi besok," ujarnya.

‌Ketua Takmir Masjid Agung Kalianda, Iwan Burhanudin mengaku, pembagian kupon daging kurban pada tahun ini berjumlah 1700 lembar.


"Warga yang datang entah bagaimana kok bisa ada yang tidak kebagian," ujar Iwan. 

‌Padahal pihaknya telah menghitung dan menyediakan jumlah besek berisi daging kurban dan tepat berjumlah 1700 besek.


"Ya kami juga bingung kenapa bisa begini, padahal tahun-tahun yang lalu tidak seperti ini, tertib dan bahkan besek berlebih," sesalnya.

‌Plt. Kabag Kesra, Setdakab Lamsel, Drs. A. Kholil mengatakan, ada kesalahpahaman antara warga dan panitia kurban yang membuat masyarakat tersebut merasa kesal.


"Sebenarnya gak ricuh, cuma memang ada kesalahan kecil yang terjadi dilapangan. Akan kami evaluasi sore ini bersama-sama takmir dan panitia," jelasnya.


Pihaknya juga sudah memberikan solusi bagi warga yang belum menerima daging untuk kembali datang kelokasi pembagian daging kurban hingga besok hari.


"Tadi kami catat kuponnya dan akan kami bagikan daging tersebut sore ini atau paling lambat besok siang Pukul 13.00 WIB akan kami bagikan pada mereka. Kami atas nama Takmir dan panitia minta maaf pada masyarakat Kalianda dan sekitarnya," pungkasnya. (Je/Red)

×
Berita Terbaru Update